Apa Itu Beras Mutu Premium?

oleh
Beras mutu premium. Dok: BB Padi Kementan.

Sering kita dengar istilah beras mutu premium. Namun, apa yang sebenarnya dimaksud dengan istilah itu?

Kelas mutu premium merupakan mutu terbaik dimana karakternya ditentukan oleh kandungan beras kepala sebesar minimal 95% dan beras patah maksimal 5% dengan derajat sosoh 100% dan kadar air beras maksimal 14%.

Beras kepala didefinisikan sebagai butir beras yang minimal berukuran 0,8 bagian dari butir beras utuh. Sebaliknya, beras patah didefinisikan sebagai butiran beras dengan ukuran 0,2 – 0,8 bagian dari butir beras utuh. Jika butir patah itu lebih kecil dari 0,2 bagian dari butir beras utuh, maka butiran ini disebut dengan menir. Derajat sosoh didefinisikan sebagai banyaknya kulit ari (lapisan aleurone) beras yang terkelupas pada saat penyosohan.

Beras Mutu Medium

Sementara itu, beras mutu medium dapat dikenali dengan ciri-ciri berikut ini. Kelas mutu medium I mensyaratkan adanya kandungan beras kepala sebesar minimal 78% dan beras patah maksimal 20% dengan derajat sosoh 95% dan kadar air beras maksimal 14%. Pada kelas mutu medium ini masih diperbolehkan adanya cemaran dengan persentase yang sangat kecil berupa butir menir (2%), butir merah (2%), butir kuning/rusak (2%), butir kapur (2%), butir gabah (1%), dan benda asing lainnya (0,02%).

Semakin turun kelas mutu beras ke medium II dan medium III, maka semakin turun pula persyaratan persentase beras kepala dan derajat sosoh, serta semakin tinggi persentase cemaran yang diperbolehkan.

**

Referensi: BB Padi Balitbang Kementan.

Tentang Penulis: Swara1

Swara1
SwaraGunungkidul - Berbagi dan Berdaya