Ayo Kenali Manfaat Sayuran Berdasarkan Warnanya

oleh
Kenali manfaat sayuran berdasarkan warnanya. Foto: pixabay.com.

Beragam warna-warna cerah dari sayuran dan buah-buahan memang menjadi daya tarik tersendiri. Ragam warga berbagai sayuran itu berasal dari tiga jenis pigmen utama yang terkandung dalam sayuran, yaitu:

  • Karotenoid, membuat warna sayuran menjadi orange dan kuning.
  • Flavonoid, membuat warna sayuran memiliki warna biru merah dan krim.
  • Klorofil, membuat sayuran berwarna hijau.

Selain memberikan daya tarik tersendiri, kandungan senyawa dalam sayuran berwarna-warni ini sesungguhnya memberikan manfaat kesehatan dan gizi yang berbeda-beda. Untuk mengetahui lebih jauh tentang manfaat dari warna sayuran tersebut, ayo simak penjelasan berikut ini. Kebutuhan nutrisi tubuh Anda bisa terpenuhi dari aneka jenis sayuran yang ada.

Sayuran Berwarna Orange

Buah-buahan dan sayuran berwarna kuning dan orange memiliki kandungan gizi tinggi. Mereka kaya beta karoten, vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang mampu menetralisir radikal bebas di sekitar tubuh. Selain itu, sayuran jenis ini mampu memperbaiki sel-sel yang rusak. Beta karoten berfungsi juga  untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagai serangan penyakit.

Sayuran dan buah-buahan berwarna orange dan kuning contohnya adalah: wortel, jagung, kentang, pisang, paprika kuning,  mangga, lemon, dan jeruk.

Sayuran Berwarna Hijau

Sayuran hijau kaya akan serat dan memiliki senyawa sulfur yang membantu hati Anda mendetoksifikasi zat penyebab kanker berbahaya dan dapat melindungi perempuan dari kanker ovarium. Sayuran hijau dan buah-buahan lainnya juga  memiliki kalium yang baik untuk kesehatan jantung.

Kandungan anti oksidan dan serat alami  dalam sayuran hijau bermanfaat untuk saluran pencernaan, karena dapat memperlancar sisa-sisa metabolisme dalam tubuh untuk keluar dan tak mengendap yang berakibat menimbulkan penyakit. Anti oksidan juga melindungi sel mata dari cahaya ultraviolet yang menjadi penyebab katarak dan merangsang pembentukan sel darah merah pada penderita anemia.

Sayuran berwarna hijau contohnya adalah: brokoli, kubis, dan sawi hijau.

Sayuran Berwarna Biru dan Ungu

Sayuran dan buah-buahan berwarna biru dan ungu kurang populer dibandingkan jenis warna lainnya. Namun sebetulnya mereka adalah pelindung terhadap beberapa jenis kanker, dan baik untuk kesehatan saluran kemih dan menjaga daya ingat kita.

Kandungan anthocyanins flavanoids yang terdapat dalam warna ini juga berfungsi sebagai anti karsinogen atau zat yang menyebabkan penyakit kanker yang disebabkan oleh zat-zat yang mengendap dan melubangi paru-paru, terutama disebabkan oleh zat yang terkandung dalam rokok.

Sayuran dan buah-buahan berwarna biru dan ungu contohnya adalah: terong, blueberry, dan buah anggur.

Sayuran Berwarna Merah

Manfaatnya bagi tubuh Anda adalah untuk memperlancar aliran darah ke jantung, melindungi tubuh dari virus, dan mencegah terjadinya penuaan dini. Nutrisi besar lainnya yang terdapat dalam buah-buahan dan sayuran berwarna merah adalah  lycopene yang ditemukan dalam semangka dan tomat. Lycopene dikenal dapat memerangi kanker prostat pada tubuh.

Sayuran dan buah-buahan berwarna merah contohnya adalah: tomat, strawberry, pepaya, jambu biji, anggur, dan semangka.

Sayuran Berwarna Putih

Bawang adalah prebiotik yang besar. Mereka memberi makan probiotik atau bakteri baik dalam usus Anda. Bawang dan bawang putih keduanya anggota keluarga Allium. Mereka mampu menurunkan gula darah dan memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang menakjubkan, zat allicin pada warna jenis ini juga berfungsi sebagai pereda pilek atau flu.

Sayuran dan buah-buahan berwarna putih contohnya adalah: kembang kol, pir, turnip, dan bawang putih.

****

Referensi: salamadian.com

Tentang Penulis: A Widyaningtyas

A Widyaningtyas
Tinggal di Yogyakarta. Senang memasak, traveling, dan menulis.