Ayo Kenali Plus Minus Ban Tubeless dan Ban Biasa

oleh
Ban tubeless dan ban biasa. Dok: tribunews.

Kehadiran ban tubeless di Indonesia sudah cukup lama dan kini masyarakat pun sudah banyak yang memakai ban jenis tubeless pada motornya. Namun sayang, masih banyak orang yang beranggapan bahwa ban tubeless tidak bisa bocor jika terkena ranjau, seperti paku maupun benda tajam lainnya.

Padahal, sebenarnya ban tubeless hanya tidak langsung kempes jika terkena paku atau benda tajam lainnya, sehingga masih sempat untuk dikendarai ke tukang tambal ban tubeless agar diperbaiki. Selain itu masyarakat juga beranggapan kalau secara kualitas ban tubless lebih baik dibandingkan dengan ban biasa. Apakah anggapan masyarakat tentang kelebihan ban tubeless ini benar?

Karena itu, ayo kita kenali perbedaan dan plus minus antara Ban Tubeless dan Ban Biasa sebelum memutuskan menggunakan atau membeli ban untuk motor tersayang. Masih ada banyak pemilik sepeda motor belum paham dengan fakta sebenarnya mengenai ban tubeless. Bahkan beberapa pengendara motor masih banyak yang keliru menafsirkan bahwa ban tubeless lebih baik, padahal baik atau tidak baiknya lebih tergantung dari penggunaan motor tersebut. Tidak selamanya ban tubeless lebih bagus, jika pemakaiannya “ngawur” malah bisa merugikan.

#1: Daya Tahan terhadap “Ranjau” Paku

Ban Biasa
Dalam menghadapi ranjau paku bisa dikatakan ban biasa tidak memiliki “pertahanan kedua”, dalam hitungan menit setelah ban tertusuk paku sobat dipaksa menuntun montor sobat sampai ke bengkel (tambal ban) terdekat.
Ban Tubeless
Seperti dilansir WeloveHonda, ban tubeless dianggap memiliki kelebihan saat menghadapi ranjau paku atau benda tajam lainnya, karena dengan menggunakan ban tubless motor tidak langsung kempis dan dapat diajak jalan untuk mencari bengkel (tambal ban tubless) terdekat. Perlu diingat saat menginjak ranjau paku ban tubeless bukan tidak bisa bocor, hanya tidak langsung kempis saja dan solusi terbaik saat ban tubeless menginjak paku (meskipun belum kempis) adalah dengan membawa ke bengkel (tambal ban tubeless) terdekat karena jika terlalu lama dibiarkan / masih terus digunakan untuk berkendara maka tekstur ban bisa rusak, tidak bulat lagi dan tidak rata sehingga akan menambah biaya penambalan.
Keunggulan ban tubeless yang tidak langsung kempis ini bagi sebagian penggunanya merupakan keunggulan terpenting kenapa memilih ban jenis ini. Karena dengan tidak langsung kempis nya ban, mereka tidak perlu takut terjebak di area yang gelap dan berbahaya seandainya ban motor tertusuk paku. Hal ini juga akan sangat berguna seandainya pengendara motor sering pulang malam dan tak ada tukang tambal ban di dekat tempat kejadian.

Tentang Penulis: Kandar KH

Kandar KH
Menulis di Kabarhandayani. Senang berbagi catatan perjalanan.