Bentuk Karakter Pemimpin, Beladega Ajak Anak Outbond Di Alam Terbuka

oleh
Keceriaan anak-anak ketika mengikuti rangkaian kegiatan outbond di Tahura.

Alam terbuka merupakan lingkungan yang nyaman untuk bermain bagi anak-anak. Selain dapat mengeksplor segala hal yang ada di sekitar mereka, menyatu dengan alam membuat anak-anak lebih leluasa mengekspresikan minat dan kemampuan mereka.

Minggu, (18/2/2018), komunitas sekolah non formal Belajar Asyik Desa Gari (BELADEGA), Wonosari, Gunungkidul mengajak anak-anak bermain atau outbond di alam bebas. Anak-anak diajak berpetualang ke Taman Hutan Rakyat (Tahura) Playen.

Disampaikan salah satu koordinator kegiatan, Feri Joni Susanto, selain bermain anak-anak diminta menyelesaikan berbagai permainan yang telah di siapkan sebelumnya.

“Outbond merupakan salah satu proses untuk membentuk karakter leadership pada anak. Kegiatan BELADEGA kali ini bertemakan “BELADEGA Berpetualang ke TAHURA”,” jelas Feri.

Lebih jauh disampaikan, dalam pelaksanaan kegiatan, 160 anak-anak se-Desa Gari dibentuk berkelompok. Outbond yang diselenggarakan juga diharapkan dapat melatih kekompakan dan kerjasama antar tim atau kelompok tersebut.

Beberapa permainan yang harus diselesaikan masing-masing kelompok diantaranya; Bakiak, Estafet karet, Bowling Botol, Sarung putar, dan Sirkuit pingpong.

“Antusiasme anak-anak sangat nampak ketika mengikuti berbagai rangkaian kegiatan. Anak-anak sangat bersemangat menyelesaikan tantangan demi tantangan,” ungkap Feri.

Feri berharap kegiatan Beladega yang digelar memiliki andil bagi pertumbuhan bagi anak dalam menanamkan jiwa loyalitas bagi sebuah komunitas atau kelompok serta membentuk jiwa kepemimpinan. (Kandar)

Tentang Penulis: Kandar KH

Kandar KH
Menulis di Kabarhandayani. Senang berbagi catatan perjalanan.