Bicara kopi #3: Alasan mengapa Minum Kopi Baik untuk Kesehatan

oleh

“Kehangatanmu mulai
Menghilang seiring kopiku yang dingin perlahan ”
(@bicarakopi)

Hai sobat kalau kamu lagi bete biasanya ngapain? BIla kamu senang wedangan, nah pada artikel #bicarakopi ini ngasih saran mulailah ngopi. Kenapa sih minum kopi sangat disarankan untuk menjaga kesehatan tubuh. Nah simak alasannya di bawah ini :
1. Membantu kesehatan otak lebih lama
Kopi dengan takaran yang tidak berlebihan akan membantu kesehatan otak lebih lama. Tahu kan otak manusia itu untuk apa. Yaa untuk mikirlah. Namun otak ituah yang mengendalikan tubuh kita, jika organ ini mati yaa bisa disebut kita bukan manusia lagi.
Lalu bagaimana cara kerjanya sehingga kopi bisa menjaga kesehatan otak. Salah satunya adalah kopi bisa mengurangi stress.
Pembuktiannya telah dilakukan oleh para ahli dengan menguji otak tikus yang dibuat stress karena kekurangan tidur. Saat tikus diekspos ke aroma kop terjadi perubahan pada protein otak yang terkait dengan stres. Jadi sobat stres itu terjadi di otak bukan di hati.. wkwkwkwkwkwk. Seperti halnya jikalau sobat galau itu yang gak bener otaknya.hehehe.
Nah setelah diberi aroma kopi tadi stres pada tikus berkurang.

2. Anti oksidan tinggi pada kopi baik untuk tubuh
Sobat swaragunungkidul ternyata dalam biji kopi itu tidak hanya terkandung kafein saja. Tapi juga mengandung antioksidan. Senyawa antioksidan dalam kopi mampu untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit-penyakit seperti kanker, asam urat (rematik), dan juga menghambat penuaan dini, yang disebabkan radikal bebas. Wah keren ya ternyata beberapa penyakit degeneratif bisa dikurangi dengan meminum kopi secara teratur.
Bahkan kanker pun bisa dikendalikan pertumbuhannya. Kopi mengandung antioksidan alami yang disebut polifenol. Selain itu, secara alami biji kopi mengandung senyawa-senyawa penting lainnya, seperti lemak, karbohidrat, protein, senyawa asam, vitamin, dan mineral. Senyawa-senyawa tersebut membentuk citarasa khas kopi, dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh

3. Mengurangi resiko parkinson
Pernah dengar kan penyakit ini. Penyakit parkinson ini pernah diderita petinju terkenal yaitu Muhammad Ali. Penyakit Parkinson adalah degenerasi sel saraf secara bertahap pada otak bagian tengah yang berfungsi mengatur pergerakan tubuh. Gejala yang banyak diketahui orang dari penyakit ini adalah terjadinya tremor atau gemetaran.
Ada artikel yang membahas hal ini silakan buka aja yaa
https://www.viva.co.id/digital/digilife/1093892-senyawa-dalam-kopi-bisa-cegah-alzheimer-dan-parkinson

4. Menumbuhkan rasa bahagia
Tentu bahagia dong, ngopi bareng teman-teman akrab. Atau kantor butuh pertemuan di luar, meeting di kedai sambil ngopi. Sehingga materi berat bisa diselesaikan. Nah itu nilai sosial dan manfaat kopi. Perasaan bahagia itu berati otak melepaskan hormon endorfin yang membuat tubuh relaks.

Pengen ngopi enak silakan mampir ke Kopi Angkringan Wonosari

Tentang Penulis: Heru Tricahyanto

Heru Tricahyanto
Saya seorang manusia biasa saja, lahir besar, dan tinggal di Wonasari. Bisa jadi karena cinta Gunungkidul atau memang kepepet ndak berani merantau yaaa. Sehari-hari menjadi tukang servis komputer, bakul wedang di Kopi Angkringan Wonosari kalau malam, kadang juga kelayapan ke Jogja sekedar melepas kangen (pada siapa?). Saya ndak bisa menjadi orang yang spesial pada satu hal, alias orang generalis, sehingga ndak lulus program Doktoral, karena memang gak kuliah doktoral (hehehe).