BPP Saptosari Terbaik se-DIY, Maju Penilaian Tingkat Nasional

oleh
Balai Penyuluh Pertanian Saptosari. Foto: Win/Swara.

Balai Penyuluh Pertanian Saptosari dinilai sebagai BPP terbaik se-DIY pada tahun 2019. Atas prestasinya tersebut, BPP Saptosari akan mewakili DIY dalam penilaian tingkat nasional.

Capaian BPP Saptosari tersebut berdasarkan sidang penilaian Tim Penilai di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 22 April 2019 yang memutuskan para pemenang lomba Penilaian Penghargaan Pertanian Tahun 2019.

Tujuan penilaian adalah memberikan penghargaan bagi pelaku pertanian yang telah menunjukkan dedikasi dan prestasi kerja dalam pembangunan pertanian. Unsur penilaian penghargaan tahun 2019 antara lain  dinilai berhasil dengan mendukung program Kementerian Pertanian antara lain: UPSUS, SIWAB, SERASI, MANDIRI BENIH, BEKERJA dll.

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Calon peserta penilaian penghargaan pertanian tingkat DIY Tahun 2019 yang diajukan adalah merupakan juara satu hasil penilaian lomba pada tahun 2018.

Adapun hasil penilaian penghargaan pertanian tingkat DIY, wakil dari Kabupaten Gunungkidul adalah:

  1.  Petani Berprestasi: Rudi Cipto Hartono, Gedaren II, Sumbergiri, Ponjong peringkat III, dengan nilai 884.
  2. Gapoktan Berprestasi: Sri Tanjung, Kemiri, Tanjungsari peringkat III dengan nilai 765.
  3. Kelembagaan Ekonomi Petani Berprestasi: LKM Sido Dadi, Banaran, Playen peringkat III dengan nilai 702.
  4. Balai Penyuluhan Pertanian Berprestasi: BPP Saptosari, peringkat I, dengan nilai 915.

Dengan demikian, Kabupaten Gunungkidul berhasil mengirimkan satu wakil dalam lomba Penilaian Penghargaan Pertanian tingkat Nasional mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta.

Saat ini, Dispertan Gunungkidul juga sedang mempersiapkan dokumen dan berkas yang diperlukan dalam penilaian lomba tingkat Nasional tahun 2019 (Win/DispertanGk/Bara).

Tentang Penulis: Basuki Rahmanto

Basuki Rahmanto
Toekang photo segala acara dan jurnalis KabarHandayani. Hobby jalan-jalan dan kuliner. Tinggal di Wonosari Gunungkidul.