Bicara kopi : Faktor utama yang menentukan rasa sebuah kopi

oleh
kopi dan cemplon.

 

Kopi.

“ Mbak pesan kopi pahit”

“Mbak pesan kopi yang pahitnya bold, kecutnya tipis”

“ Mbak Pesan kopi yang pahitnya tipis tapi tajam, ada asamya dikit?”

Dialog seperti itu lazim terjadi di tempat kami tentu juga di kedai-kedai kopi lainnya yang menyajikan kopi giling. Tentu tidak terjadi di angkringan atau kedai yang kopinya sobek alias dari kopi sachet.

Bagi kami memuaskan pelanggan adalah hal yang sangat penting bahkan kami utamakan. Sejak awal buka Kopi Angkringan yang berada di jalan Veteran Trimulyo 1 Kepek Wonosari ini, memberikan tempat ngobrol baru bagi pecinta wedangan. Kami menyadari bahwa masyarakat Wonosari ini suka ngobrol lama sambil wedangan. Selain di rumah tentu butuh tempat yang bervariasi. Bila di rumah makan, kurang nyaman, karena setingan tempat di rumah makan adalah untuk makan besar, ngobrol sebentar lalu angkat kaki.

Nah di tempat kami Anda bisa ngobrol nyaman dengan kolega atau keluarga, bahkan sambil momong anak kecil pun tidak masalah karena ada banyak mainan anak, gamelan dan buku-buku di rak bawa.

Kembali ke soal kopi, kualitas rasa secangkir kopi paling tidak ditentukan oleh bebrapa hal berikut ini:

  • 60% jenis biji dan pengolahan pasca panen
  • 30% pemanggangan atau roasting biji
  • 10% penyeduhan

Nah sudah ketahuan kan asal usul kopi yang enak. Memang mau tidak mau sangat dipengaruhi oleh jenis biji dan pengolahan pasca panennya.

Pengen ngopi enak silakan mampir  ke Kopi Angkringan Wonosari

Tentang Penulis: Heru Tricahyanto

Heru Tricahyanto
Saya lahir di Gunungkidul menyelesaikan SMP di Wonosari, lalu selepas itu ke Jogja sampai lulus kuliah. Belum pernah kerja kantoran walau punya ijazah, buka usaha komputer di Wonosari. Saat ini sedang menekuni hobi menulis dan usaha di bidang kuliner, yaitu warung Kopi Angkringan Wonosari