Gerakan Makan Telur, CSR dari PT Januputra Sejahtera

oleh
Gerakan makan telur dari Dispertan Gunungkidul dan CSR PT Januputra. Foto: Ret/Swara.

Telur merupakan sumber protein hewani selain daging, susu dan ikan. Telur sudah menjadi bahan makanan penting yang dibutuhkan sehari-hari. Mengkonsumsi telur sangat bermanfaat manusia, karena telur mengandung zat gizi yang diperlukan tubuh. Satu butir telur mengandung vitamin A, asam folat, vitamin B5, vitamin B12, vitamin B2. Fosfor, selenium. Vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, kalsium dan zinc. Karena kandungan gizi yang banyak dimiliki telur sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Telur mengandung asam amino penting dalam jumlah cukup. Asam amino merupakan senyawa penyusun protein, yang sangat dibutuhkan untuk segala bentuk perkembangan sel-sel yang terjadi didalam tubuh, baik yang bekerja untuk tujuan structural maupun fungsional. Kandungan protein dalam telur dapat meningkatkan massa otot dan membantu kerja otot. Satu butir telur besar mengandung 6 gram protein, dimana terdiri dari asam amino penting dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul telah mengadakan acara Sosialisasi Pangan Aman dan Gerakan Makan Telur Bersama berlokasi di SD Negeri II Kentheng, Ponjong, Gunungkidul pada Jumat 12/04/2019 lalu. Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan gerakan makan telur bersama-sama.

Kegiatan ini didukung oleh PT. Januputra Sejahtera yang mengadakan kegiatan CSR berupa donasi telur bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul. CSR donasi telur pertama kali dilaksanakan pada tahun 2017, menyasar pada anak-anak usia PAUD, TK dan SD di seluruh wilayah Kabupaten Gunungkidul. Perusahaan ini juga berperan pada saat penanganan korban terdampak banjir akhir tahun 2017.

Berdasarkan catatan jumlah telur donasi CSR PT. Januputra Sejahtera pada tahun 2017 sebanyak 153.850 butir atau senilai 200 juta. Jumlah ini mengantarkan PT. Januputra Sejahtera mendapatkan penghargaan CSR  pada tahun 2018  sebagai peringkat 3 dari Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul, setelah Bank Daerah Gunungkidul (BDG) dan Bank Pemerintah Daerah  (BPD) Gunungkidul.

PT. Januputra merupakan perusahaan peternakan mitra sekaligus binaan Dinas Pertanian. PT. Januputra juga merupakan perusahaan peternakan yang bergerak di bidang breeding broiler (penghasil Day Old Chicken/DOC) . Pada tahun 2019 kembali mengadakan program donasi telur dengan jumlah 4000 butir setiap bulannya, dengan harapan semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat luas. (Ret/DispertanGk/Bara)

Tentang Penulis: Basuki Rahmanto

Basuki Rahmanto
Toekang photo segala acara dan jurnalis KabarHandayani. Hobby jalan-jalan dan kuliner. Tinggal di Wonosari Gunungkidul.