Hari Air Sedunia 2019: Semua Orang Harus Dapat Air Bersih

oleh
Hari Air Sedunia 2019: Semua orang harus mendapatkan air bersih. Foto: KH.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menitipkan pesan kepada anak muda untuk senantiasa menjaga lingkungan termasuk air dalam Hari Air Dunia.

Basuki menegaskan, dalam rangka Hari Air Dunia, semua orang tidak boleh tidak mendapatkan akses air bersih.

“Saya titip kepada semua saudara sekalian, sekarang kan masa kampanye ada kampanye door to door, saya titip door to door untuk menyadarkan tentang bahayanya air. Air kalau tidak dirawat dengan baik jadi musuh tetapi kalau dirawat dengan baik jadi kawan,” ujarnya pada sambutan Hari Air di Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (19/3/2019).

Basuki menuturkan, Banjir bandang yang terjadi di berbagai daerah baru baru ini dan memakan korban, salah satu penyebabnya adalah perilaku manusia. Jadi penting sekali pengetahuan para masyarakat untuk menjaga lingkungan.

“Hari air dunia ini kan leaving no one behind. Kalau 1 orang di lingkungannya bisa menyebarkan virus lingkungan yang baik, mudah-mudahan kedepannya bisa lebih baik lagi.” ungkapnya.

Sebagai informasi, Hari Air Dunia adalah perayaan yang ditujukan sebagai usaha-usaha menarik perhatian publik akan pentingnya air bersihdan usaha penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan.

Hari Air Sedunia diperingati setiap tanggal 22 Maret. Inisiatif peringatan ini diumumkan pada Sidang Umum PBB ke-47 tanggal 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro, Brazil. (Bisnis Indonesia/Bara)

Tentang Penulis: Basuki Rahmanto

Basuki Rahmanto
Toekang photo segala acara dan jurnalis KabarHandayani. Hobby jalan-jalan dan kuliner. Tinggal di Wonosari Gunungkidul.