Inilah Jenis Sayuran yang Cocok Saat Musim Kemarau

oleh
Terong, salah satu sayuran yang cocok dibudidayakan saat musim kemarau. Foto: pixabay.

Teriknya matahari saat musim kemarau tentu memberikan hawa panas yang membuat banyak orang mengeluh. Namun, hal itu justru bisa memberi keuntungan kepada tanaman agar bisa tumbuh dan berkembang dengan bantuan sinar matahari. Ada beberapa jenis sayuran musim kemarau yang justru cocok dibudidayakan untuk meraih keuntungan dari musim tersebut.

Selain untuk mengembangkan bakat berkebun, bercocok tanam sayur juga bisa membantu setiap keluarga dalam mengatur pola hidup sehat dengan cara mengonsumsi sayuran yang ditanam sendiri.

Lantas, jenis sayuran apa sajakah yang cocok untuk ditanam saat musim kemarau? Dilansir dari Boldsky.com dan Pertanian.com, ada 5 sayuran yang bisa kita tanam di musim kemarau.

Apa saja 5 jenis tanaman sayur musim kemarau tersebut? Ikuti uraian berikut ini.

  1. Tomat

Tomat adalah salah satu tanaman sayur yang tahan banting untuk ditanam saat musim kemarau, karena tidak memerlukan banyak air untuk tumbuh. Di tanah kering pun mereka masih bisa tumbuh.

Walaupun demikian, kita harus tetap menyiramnya secara berkala agar tanaman tomat tidak kehilangan kelembabannya. Jangan lupa juga untuk menanam tumbuhan lain di dekat tomat agar terlindungi dari paparan sinar matahari langsung.

  1. Terong

Selain tomat, terong juga menjadi salah satu tanaman pilihan yang tepat untuk dibudidayakan saat musim kemarau. Pasalnya, tanaman terong dapat hidup dengan baik walaupun dengan keterbatasan air. Akan tetapi, kita tetap harus menyiraminya agar buah yang dihasilkan pun maksimal.

  1. Mentimun

Keistimewaan mentimun ialah dapat tumbuh di lingkungan dengan suhu hangat cenderung panas. Tanaman mentimun akan menghasilkan buah yang baik serta mengandung banyak air jika tumbuh di lahan kering dan suhu hangat.

  1. Labu

Sama halnya dengan mentimun, jika ditanam di suhu tinggi, tanaman labu akan cepat tumbuh. Rasa buah yang dihasilkannya pun sangat manis ketimbang labu yang tumbuh di daerah dingin.

  1. Jagung
Menurut pengalaman para petani, menanam jagung tidak serumit padi. Kita hanya cukup memberinya air sesekali, maka jagung akan tumbuh dan berproduksi dengan baik. Asalkan kita memerhatikan hama dan penyakit yang kemungkinan bisa merusak tanaman jagung. Beri pupuk yang cukup, maka kita akan mendapatkan hasil yang baik.
***

Tentang Penulis: Swara1

Swara1
SwaraGunungkidul - Berbagi dan Berdaya