Inilah Jurusan SMK yang Banyak Dicari Perusahaan Saat Ini

oleh
Lulusan SMK lebih cepat terserap di dunia kerja. Foto: AHM.

Apakah Anda lulusan atau masih siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)? Apabila masih siswa, maka saat ini sudah mendekati masa ujian akhir kenaikan kelas. Yang sudah lulus, tentu sudah menentukan jalan hidup mau lanjut kuliah atau memanfaatkan skill yang diperoleh untuk langsung bekerja.

Kebanyakan dari Anda yang meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi mungkin memilih jurusan yang sesuai dengan jurusan yang diambil saat SMK. Sementara untuk Anda yang langsung ingin bekerja, tidak perlu risau melihat berita mengenai angka pengangguran lulusan SMK yang cukup tinggi. Sesungguhnya di dunia kerja, ada banyak lowongan kerja bagi lulusan SMK.

Lantas, jurusan SMK apakah yang banyak dicari dunia kerja saat ini? Ikuti uraian berikut ini:

1. Animasi & Multimedia

Lowongan kerja SMK untuk jurusan Animasi & Multimedia sekarang terbilang cukup banyak, lho! Di jurusan SMK Animasi ini, kamu akan mempelajari bagaimana cara membuat animasi mulai dari pembuatan tahap awal hingga pembuatan animasi dengan peralatan canggih. Praktik kerja lapangan di berbagai tempat akan memberikan kamu pengalaman kerja sebagai animator. Tidak hanya di perusahaan animasi saja, lulusan animasi juga banyak dicari oleh perusahaan yang menggunakan digital marketing untuk menjangkau customernya.

Untuk jurusan Multimedia di jenjang SMK, lulusannya tentu telah mendapatkan ilmu seputar pengembangan website, multimedia, permainan, hingga produksi sinema dan industri media. Sama seperti jurusan SMK lain, SMK Multimedia juga berkesempatan untuk melakukan praktik. Di era serba digital seperti sekarang, jurusan Multimedia sangat banyak dicari karena hampir semua perusahaan ingin mengikuti perkembangan digital yang pastinya membutuhkan seorang ahli untuk memanfaatkannya dengan maksimal.

2. Pariwisata

Sebagai warga Indonesia, Anda pasti tahu betapa indahnya negara kita ini. Ratusan, bahkan ribuan turis mancanegara terus berdatangan ke Indonesia. Gencarnya publikasi pariwisata negara kita akhir-akhir ini, akan membuat pergerakan industri sektor pariwisata meningkat pesat. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya masyarakat Indonesia yang berusaha mengembangkan bisnis pariwisata. Anda bahkan bisa menemukan agen travel dan hotel dihampir semua kota di Indonesia.

Para pebisnis yang bergerak di bidang ini, umumnya mencari tenaga kerja yang sudah siap untuk terjun langsung ke lapangan, baik sebagai front office ataupun tour guide sehingga bisa dengan cepat membantu kebutuhan para wisatawan. Anda lulusan dan siswa yang sekolah di SMK pariwisata, punya peluang besar mengisi posisi ini karena pengalaman magang yang kamu dapat. Selagi teman-teman Anda masih mempelajari teori, Anda bisa langsung bekerja dan jalan-jalan sekaligus. Menyenangkan, bukan?

3. Akuntansi

Jurusan ini memang selalu ramai peminat. Luasnya bidang pekerjaan yang dapat dijangkau oleh jurusan ini adalah salah satu alasan kenapa lulusan SMP memilih meneruskan ke jurusan ini. Perusahaan yang bergerak dalam bidang apa pun pasti memerlukan tenaga terampil tentang keuangan untuk menghitung keluar masuknya pendapatan dan pengeluaran, rugi-laba, merencanakan keuangan, dan lain sebagainya. Inilah yang menjadikan lulusan dari jurusan akuntasi selalu dibutuhkan.

Anda yang lulusan SMK akuntansi mampu bersaing dengan lulusan sarjana akuntansi. Penghasilan yang bisa Anda dapatkan dari posisi ini terbilang cukup tinggi jika dibandingkan dengan bidang lainnya, lho.

4. Otomotif

Di bidang otomotif, jurusan SMK yang sedang populer adalah Teknik Kendaraan Ringan (TKR). Jurusan TKR adalah jurusan yang menekankan dengan penguasaan keterampilan, khususnya dalam pemeliharaan kendaraan ringan seperti mobil.

Bekal yang dimiliki siswa dari jurusan ini banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan, beberapa diantaranya adalah perusahaan yang bergerak di bidang otomotif dan transportasi. Apa saja yang dibutuhkan dari siswa SMK TKR? Perusahaan umumnya membutuhkan bantuan kamu untuk merawat dan memperbaiki mesin, sistem pemindah tenaga, chasis dan suspensi, sistem kelistrikan otomotif, serta beberapa keterampilan.

Lulusan SMK Miliki Prospek Cepat Terserap Dunia Kerja

Lulusan SMK sesungguhnya memiliki prospek lebih cepat terserap dalam dunia kerja. Imbalan kerja lulusan SMK juga cukup menjanjikan. Meskipun empat jurusan tersebut di asta menjadi jurusan SMK yang paling banyak dicari, namun lowongan kerja SMK untuk jurusan-jurusan lain seperti: bangunan dan arsitektur, kelistrikan, perkayuan, perawat kesehatan, asisten apoteker, broadcasting, tata boga, kecantikan dan tata busana, serta administrasi pun banyak perusahaan dan pelaku usaha yang membutuhkan.

Nah, terakhir ada 3 langkah yang paling penting: 1) Rajin dan pantang menyerah mencari informasi lowongan kerja, 2) Lengkapi persyaratan administratif dan terus mencoba melamar kerja serta patuh mengikuti proses rekrutmen. 3) Memiliki tekad baja untuk menjadi pekerja di mana pun penempatannya, terkadang memang harus meninggalkan kampung halaman. Itu 3 modal paling utama untuk mendapatkan pekerjaan.

Selamat mencari!

***

AW.

Tentang Penulis: A Widyaningtyas

A Widyaningtyas
Tinggal di Yogyakarta. Senang memasak, traveling, dan menulis.