Jeruk Lemon dan Jeruk Nipis: Mana yang Lebih Baik?

oleh
Jeruk nipis. Foto: Bintang.

Jeruk lemon dan juga jeruk nipis telah lama dikenal sebagai sumber terbaik bagi vitamin C. Namun, sebagian orang menganggap jeruk lemon lebih baik dari jeruk nipis. Alasannya beragam. Lemon harga satuannya lebih mahal dari nipis. Lemon yang berkualitas dan besar kebanyakan masih merupakan lemon impor.

Sementara itu, jeruk nipis lebih mudah didapatkan. Harga satuannya juga lebih murah lantaran jeruk nipis kebanyakan adalah produk lokal. Fakta-fakta ini ternyata juga menjadi ukuran buat sebagian orang untuk memilih.

Sebagian orang lainnya justru menganggap jeruk nipis dan lemon memiliki kandungan yang sama. Jadi, tak ada gunanya berdebat jeruk mana yang paling baik untuk kesehatan tubuh.

Namun, dilansir dari buku the Top 100 Immunity Boosters karya Charlotte Haigh, keduanya ternyata memiliki perbedaan pada kandungannya.

Jeruk lemon. Foto: Bintang.

Lemon mengandung limonen yang telah terbukti mampu menghambat laju pertumbuhan sel kanker. Senyawa ini juga berkhasiat sebagai antiseptik sehingga mampu membasmi bakteri jahat yang ada pada tubuhmu. Selain itu, lemon juga merupakan anti jamur.

Sementara, jeruk nipis memiliki vitamin C yang amat tinggi. Jeruk kecil berwarna hijau ini juga bisa sebagai antivirus tangguh. Jeruk nipis juga mengandung asam folat yang diperlukan untuk pembentukan DNA dan reproduksi sehat.

Dari fakta-fakta ini, kedua jenis jeruk ini memang sama-sama termasuk keluarga sitrun. Namun ternyata mengandung senyawa berbeda, meskipun sama-sama mengandung vitamin C yang tinggi.

***

Referensi: Bintang.com

 

Tentang Penulis: A Widyaningtyas

A Widyaningtyas
Tinggal di Yogyakarta. Senang memasak, traveling, dan menulis.