Karangtaruna Ajak Anak-Anak Cintai Pahlawan

oleh
Kegiatan Beladega cinta pahlawan. KH

WONOSARI, (KH),– Pada era ini pengetahuan anak-anak mengenai pahlawan dan cerita sejarah serta lagu-lagu nasional mulai berkurang. Padahal jasa para pahlawan cukup besar, pahlawan yang membuat Negara Indonesia merdeka hingga seperti sekarang ini.

Ironisnya, anak-anak lebih tahu atau mengenal tentang para artis dan bahkan sangat mengidolakannya dibandingkan dengan para pahlawan. Selain itu mereka lebih hafal lagu-lagu masa kini serta mulai lupa dengan lagu-lagu nasional.

Melihat keadaan tersebut Karangtaruna Mekar Pandega Desa Gari kembali melaksanakan ‘Belajar Asyik Desa Gari’ (BELADEGA) dengan mnggelar kegiatan “Beladega Cinta Pahlawan” yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, 06 Agustus 2017 dimulai pukul 07.00 WIB.

Disampaikan salah satu koordinator kegiatan, Mareta Yesinta Isnaini, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada anak-anak kelas 1-6 SD tentang pahlawan berikut lagu-lagu nasional.

“Disamping itu kegiatan ini bertujuan untuk menyongsong hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72,” imbuhnya.

Urai Mareta, Kegiatan diawali dengan pemaparan biografi para pahlawan dan dilanjutkan dengan permainan-permainan mengenai pahlawan dan lagu-lagu nasional. Dalam kegiatan ini peserta dibagi menjadi beberapa tim. Setiap tim diberi tugas untuk menebak gambar pahlawan dan menebak judul lagu nasional yang dimainkan pada setiap pos.

“Pada setiap pos akan diberi poin untuk setiap pertanyaan yang diberikan oleh pendamping, tim yang mendapat poin tertinggi akan diberi hadiah di akhir kegiatan,” tutur Mareta menambahkan.

Menurutnya, apresiasi berupa hadiah dapat membuat anak-anak lebih semangat dan termotivasi untuk mempelajari sejarah, pahlawan, dan lagu nasional. (Kandar)

Tentang Penulis: Kandar KH

Kandar KH
Menulis di Kabarhandayani. Senang berbagi catatan perjalanan.