Mengapa Sampah Kantong Plastik Berbahaya?

oleh
Timbunan sampah platik di TPA Wukirsari Wonosari. Dok: KH.
Pro dan kontra penggunaan kantong plastik masih terjadi. Masyarakat seakan terbelah, ada yang mendukung upaya minimalisasi penggunaan kantong plastik. Tetapi ada pula masyarakat yang keberatan pelarangan penggunaan kantong plastik dengan berbagai latar belakang dan alasan yang bermacam-macam, seperti kepraktisan, toh sampah kantong plastik juga ada yang mencari sebagai barang rosokan, dan lain sebagainya.Apa dan mengapa sampah kantong plastik itu berbahaya? Ikuti paparan berikut:Memicu Perubahan Iklim

Sampah kantong plastik memicu perubahan iklim. Ah.. masak iya? Dari proses produksi, konsumsi, hingga pembuangannya menghasilkan emisi karbon yang tinggi sehingga berkontribusi terhadap perubahan iklim karena kondisi bumi semakin memanas.

Sumber material kantong plastik yang terbuat dari minyak bumi, yang merupakan sumber daya alam tak terbarukan, mengakibatkan pencemaran lingkungan di negara-negara berkembang karena limbah pabriknya dibuang ke sungai dan pembakaran gas metana mengakibatkan emisi karbon ke udara.

Mencemari Lingkungan
Sampah kantong plastik mencemari lingkungan. Kantong plastik merupakan barang sekali pakai dengan kegiatan pasca-konsumsi yang tidak bertanggung jawab. Kantong plastik yang dibuang sembarangan bisa menyebabkan:

  • tersumbatnya selokan dan badan air;
  • termakan oleh hewan;
  • rusaknya ekosistem di sungai dan laut;

Karena sampah plastik (khususnya kantong plastik) tidak dikelola dengan bertanggung jawab, hal ini menyebabkan Indonesia “dituduh” sebagai penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia.

Berbahaya bagi Manusia

Kantong plastik yang dibakar bisa menyebabkan pencemaran udara dan gangguan pernapasan. Selain itu, kantong plastik yang digunakan sebagai wadah makanan berpotensi mengganggu kesehatan manusia karena racun pada kantong plastik bisa berpindah ke makanan.

Terurai Sangat Lama

Kantong plastik (dan jenis plastik lainnya) sulit terurai di tanah karena rantai karbonnya yang panjang, sehingga sulit diurai oleh mikroorganisme. Kantong plastik akan terurai ratusan hingga ribuan tahun kemudian. Kantong plastik yang diklaim ramah lingkungan pun akan terurai lama dan tetap akan menjadi sampah. Terlebih lagi karena sifatnya yang cepat terurai menjadi mikro plastik, akan lebih mudah untuk mencemari lingkungan.

***

Referensi: Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik.

Tentang Penulis: Basuki Rahmanto

Basuki Rahmanto
Toekang photo segala acara dan jurnalis KabarHandayani. Hobby jalan-jalan dan kuliner. Tinggal di Wonosari Gunungkidul.