Menhub Akan Koordinasikan Pemanfaatan Bandara Gading Gunungkidul

oleh
Kedatangan Menhub di Gunungkidul. (Wibowo)

PLAYEN, Rencana pemanfaatan landasan udara Gading, di Kecamatan Playen, Gunungkidul kembali disinggung. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi saat berkunjung ke Gunungkidul, Sabtu (12/8/2017).

Budi mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan kepala Staf TNI Angkatan Udara untuk membicarakan pemanfaatan Lanud Gading sebagai bandara perintis.

“Arahnya untuk menunjang pariwisa Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY),” katanya.

Sambung dia, jika dalam koordinasi tersebut disetujui, pihaknya akan segera melakukan perbaikan berbagai infrastruktur yang ada di Lanud Gading.

“Sektor pariwisata Gunungkidul saat ini terus berkembang. Pembangunan bandara perintis diharapkan dapat mendukung sektor pariwisata,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi menyatakan akan mendukung kebijakan tersebut jika benar-benar terealisasi.

“Tentunya akan memiliki dampak yang cukup besar bagi perkembangan pariwisata di Gunungkidul,” katanya.

Menurutnya, selain pemda, masyarakat juga harus turut mempersiapkan diri. “Salah satunya mempersiapkan transportasi dari bandara menuju obyek wisata,” terang Immawan.

Sebagaimana diketahui, panjangan landasan udara gading mencapai 1.600 meter, bandara tersebut memungkinkan jika digunakan untuk pendaratan moda transportasi udara meliputi pesawat-pesawat Jet pribadi dan jenis ATR. (Wibowo)

Facebook Comments

Tentang Penulis: Swara1

Swara1
SwaraGunungkidul - Berbagi dan Berdaya