Meski Sibuk Musim Panen, Peternak Giripurwo Tetap Selenggarakan Yanduwan

oleh
Pelaksanaan Pelayanan Terpadu Kesehatan Hewan di Dusun Kacangan Giripurwo Purowsari. Foto: NT/DispertanGk/Swara.

Meski sibuk bertani karena musim panen, para peternak yang tergabung dalam Kelompok Ternak Karya Mandiri Dusun Kacangan Desa Giripurwo Kecamatan Purwosari masih peduli kesehatan dan status reproduksi ternaknya. Mereka tetap melaksanakan kegiatan Yanduwan atau Pelayanan Terpadu Kesehatan Hewan pada Selasa minggu lalu (12/3/19). Kegiatan Yanduwan ini rutin dilaksanakan setiap 3 bulan sekali, dengan dibina UPT Puskeswan Panggang.

Pada tahun 2018 lalu, kelompok ini memperoleh penghargaan sebagai juara 3 lomba kelompok ternak tingkat kabupaten Gunungkidul. Dalam pelaksanaan Yanduwan, UPT Puskeswan Panggang melaksanakan tiga bentuk pelayanan, yaitu: pelayanan aktif, pelayanan semi aktif, dan pelayanan pasif.

Pelayanan aktif merupakan pelayanan dimana petugas datang mengunjungi lokasi kandang atau kelompok ternak yang sudah dijadwalkan sebelumnya. Kegiatan ini dapat berupa Yanduwan di TPKH (Tempat Pemeriksaan Kesehatan Hewan). Pelayanan aktif meliputi pemeriksaan kesehatan hewan, pemeriksaan kebuntingan dan gangguan reproduksi, pengobatan penyakit, vaksinasi, IB dan konsultasi ternak.

Kemudian, pelayanan semi aktif merupakan pelayanan dimana petugas datang ke lokasi ternak setelah ada panggilan atau permintaan dari peternak atau kelompok ternak yang memerlukan pelayanan. Sedangkan pelayanan pasif adalah pelayanan di mana pemilik ternak/hewan membawa ternak/hewannya datang ke Puskeswan.

Yanduwan sendiri merupakan salah satu pelayanan aktif Puskeswan. Berdasarkan pengalaman lapangan, beberapa manfaat dari pelaksanan kegiatan Yanduwan antara lain:

  1. Mendekatkan petugas dengan peternak sehingga peternak bisa melakukan konsultasi atau pun bertanya tentang masalah kesehatan hewan pada umumnya.
  2. Media sosialisasi petugas untuk menyampaikan informasi atau pun kebijakan dinas yang perlu disampaikan ke peternak.
  3. Melaksanakan penanganan gangguan reproduksi dan pemeriksaan kebuntingan.
  4. Melaksanakan pemeriksaan kesehatan hewan dalam rangka usaha preventif seperti pencegahan penyakit cacingan.
  5. Melaksanakan kegiatan Inseminasi Buatan.

Tentang Penulis: Tugi Widi

Tugi Widi
Lahir Setu Legi awal 1970 di Karangmojo Gunungkidul. Ngulandara ke mana rejeki boleh dihampiri. Gemar membaca, memotret, dan menulis.