Milenial Road Safety Festival Belum Efektif Mencegah Tingginya Laka Di Gunungkidul

oleh
Foto laka di Nglipar. insert: Penulis opini, Slamet Harjo (anggota DPRD DIY)

Minggu (03/03/2019) pagi Polres Gunungkidul dan pemkab Gunungkidul mengadakan sebuah acara yang bertajuk millenial Road Safety Festival yang digelar di alun-alun Wonosari.

Acara ini digelar dalam rangka menekan angka kecelakaan di Gunungkidul yang tergolong tinggi. Tahun 2018 tercatat sekitar 500 peristiwa laka dengan korban, LB, LR, dan MD.

Untuk mengatasi hal tersebut jajaran Polres Gunungkidul melakukan berbagai macam upaya untuk menekan angka kecelakaan mulai dari pemberian sanksi hingga sosialisasi langsung kepada masyarakat mengingat kecelakaan dapat berakibat fatal.

Dan faktanya lebih dari 50 persen kecelakaan jalanan di Gunungkidul melibatkan kaum milenial, angka tersebut muncul dari analisis pihak kepolisian. Ternyata upaya polres gunungkidul tersebut belum mampu menggugah kesadaran para milenial dalam menjaga ketertiban berlalu lintas, faktanya paska acara yang sukses menyedot kaum milenial itu, kecelakaan yang melibatkan mereka terus terjadi dengan korban MD.

Sebagai contoh dua hari berturut di Nglipar terjadi laka yang fatal yang melibatkan milenial, ini sungguh membuat prihatin kita bersama, karena faktor manusia (human error) masih menjadi penyebab utama.

Kami berharap pihak Polres Gunungkidul tak jemu dan lelah melakukan upaya pencegahan dengan melakukan serangkaian kegiatan bersama Pemda Gunungkidul antara lain :

1. Melakukan operasi rutin kelengkapan berkendara di jalan raya.

2. Menambah rambu lalu lintas

3. Menambah lampu penerangan jalan

4. Melakukan penjagaan di tempat-tempat rawan laka lantas

5. Melakukan sosialisasi kepada sekolah-sekolah tentang tertib lalu lintas.

Trimakasih.

Tentang Penulis: Slamet Harjo

Slamet Harjo
Warga Nglipar Gunungkidul. Saat ini menjadi anggota DPRD DIY. Aktivis dalam bidang pertanian dan juga aktif berdiskusi dalam media sosial.