Presiden Jokowi Perintahkan Perbaikan Jembatan Bonjing Selesai 3 Bulan

oleh
Di sela peresmian HMPI (Hari Menamam Pohon Indonesia) di Gunungkidul, Presiden Jokowi sempat meninjau dampak kerusakan banjir di Dusun Gelaran Bejiharjo. Foto: Sugeng Riyanto.

Banjir akibat Siklon Tropis Cempaka menyebabkan sejumlah jembatan di Kabupaten Gunungkidul putus. Salah satu di antaranya adalah Jembatan Bonjing yang berdiri di atas Sungai Oya dan menghubungkan dua wilayah di Dusun Gelaran I, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul.

Dalam kunjungannya ke Kabupaten Gunungkidul, Presiden Joko Widodo menyempatkan untuk meninjau rusaknya Jembatan Bonjing, Sabtu (9/12). Saat melihat kerusakan jembatan, Presiden berjanji akan memperbaikinya dalam waktu maksimal tiga bulan.

“Saya tadi sudah perintahkan maksimal (perbaikan) tiga bulan. Sedangkan untuk penduduk (bantuan) biar diurus Kepala Desa dan Pak Camat,” katanya.

Jokowi menyampaikan sebenarnya Jembatan Bonjing merupakan jembatan kecil. Tetapi keberadaan tersebut vital bagi masyarakat, sehingga harus segera dibenahi.

“Ini sebetulnya jembatan kecil. Tetapi karena darurat, kabupaten tidak memiliki anggaran untuk ini, ya dikerjakan oleh BNPB atau (Kementerian) PU,” urai Jokowi.

Jokowi menilai penanganan para pengungsi korban banjir akibat Siklon Tropis Cempaka sudah baik. Pasalnya, belum ada keluhan dari pengungsi.

“(Meskipun tidak ada keluhan) Tetapi saya minta kebutuhan dasar seperti layanan kesehatan bagi warga terdampak banjir lebih diperhatikan,” tutup Presiden Jokowi. (Sugeng Riyanto).

 

Tentang Penulis: Basuki Rahmanto

Basuki Rahmanto
Toekang photo segala acara dan jurnalis KabarHandayani. Hobby jalan-jalan dan kuliner. Tinggal di Wonosari Gunungkidul.