Selain Upacara, Ziarah Makam Tokoh Pendahulu Warnai HUT RI Di Panggang

oleh
Kirab menuju makam lurah Girimulyo terdahulu. (Andhi)

PANGGANG,— Dalam rangka ikut memperingati HUTRI ke 72, warga masyarakat RT 04/03, Padukuhan Legundi, Desa Girimulyo, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul melaksanakan upacara pengibaran bendera di pelataran Sanggar Seni Besetran, Kamis, (17/8/2017). Upacara diikuti seluruh warga RT 04 yang berjumlah 75 orang.

Petugas upacara dilakukan oleh ibu-ibu muda warga RT 04 yang mengenakan seragam khas RT. Sementara warga lain yang berjenis kelamin laki-laki berpakaian kejawen jangkep gaya Yogyakarta.

“Setelah selesai upacara, seluruh peserta upacara melakukan kirab untuk ziarah ke makam mantan lurah yang sudah meninggal dunia. Setelah selesai ziarah, seluruh peserta berkumpul di balai pertemuan RT 04 untuk makan bersama,” urai Andhi Trilaksana, salah satu tokoh penggagas kegiatan.

Menurut Andhi, ziarah ke makam mantan lurah merupakan bentuk penghormatan kepada tokoh lokal yang memiliki jasa. Mereka patut mendapat penghargaan berupa penghormatan sebagai pahlawan di lingkup desa setempat.

Sebelumnya, dalam rangka memperingati HUT RI ke 72, berbagai rangkaian kegiatan peringatan juga digelar. Rangkaian kegiatan berupa perlombaan dan berbagai permainan tradisional dilaksanakan pada 16 Agustus 2017.

“Malam hari sebelum tanggal 17 juga dilaksanakan tirakatan dan kenduri bersama di balai pertemuan RT 04. Pada kegiatan tirakatan para peserta yang terlibat juga mengenakan busana jawa.

Facebook Comments

Tentang Penulis: Kandar KH

Kandar KH
Menulis di Kabarhandayani. Senang berbagi catatan perjalanan.