Sering Luput Perhatian, Inilah 10 Manfaat Jambu Biji

oleh
Jambu biji. Dok; pixabay.

Jambu biji merupakan buah dengan bentuk bulat dengan daging berwarna putih atau ada pula yang merah. Buah ini memiliki banyak biji di dalamnya. Meski demikian, tidak seperti buah yang lain, biji dari jambu ini bisa dikonsumsi bersamaan dengan dagingnya. Apalagi manfaat jambu biji begitu beragam sehingga digemari.

Jambu biji memiliki rasa yang enak dan dijual dengan harga yang terjangkau. Konsumsi buah ini memberi anda banyak keuntungan karena kaya akan nutrisi, vitamin juga beragam zat baik lainnya.

Manfaat jambu biji tidak lepas dari banyaknya nutrisi serta vitamin yang terkandung di dalamnya. Mulai dari vitamin A, kalium, flavonoid, folat, lutein, cryptoxanthin dan lain-lain, merupakan nutrisi yang terkandung dalam jambu biji. Kandungan tersebut berperan dalam meningkatkan kesehatan serta kesegaran tubuh.

Berikut ini merupakan segudang manfaat jambu biji yang sebaiknya tidak anda lewatkan.

1. Mengobati Sembelit

Sembelit disebut sebagai gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan 72 jenis penyakit. Inilah kenapa bahan untuk mengobati sembelit sangat diperlukan untuk menghindari jenis gangguan yang tidak diperlukan. Mengobati sembelit dengan bahan alami bisa dilakukan dengan mengonsumsi jambu biji.

Manfaat jambu biji untuk sembelit merupakan langkah yang mudah dan murah. Jambu biji adalah sumber serat yang kaya. Jika bagian bijinya dikunyah dan ditelan, biji tersebut akan berfungsi sebagai obat pencahar yang efektif. Jambu biji juga membantu dalam mempertahankan air serta membersihkan usus.

2. Mengurangi Hipertensi

Manfaat jambu biji yang selanjutnya adalah untuk mengurangi hipertensi. Konsumsi jambu biji mencegah terjadinya penebalan darah. Alhasil, fluiditas darah bisa dipertahankan. Buah ini juga baik dalam mengurangi tekanan darah dalam tubuh.

Jambu biji memiliki serat dan hipoglikemih yang secara efektif membantu dalam menurunkan tekanan darah sekaligus memicu kinerja jantung agar lebih baik. Jambu biji juga baik dalam mencegah terjadinya gangguan penyakit pada organ jantung.

3. Mengatasi Diare

Jambu biji mengandung senyawa astrinents yang membuat perlindungan terhadap gangguan pencernaan, diare. Jambu biji juga mengandung karotenoid, kalium, vitamin C yang berperan sebagai penguat sistem pencernaan untuk mengobati gastroenteritis.

4. Mengoptimalkan Penglihatan

Tahukah anda jika ternyata jambu biji merupakan salah satu sumber vitamin A yang sangat baik? Konsumsi jambu biji mampu memperlambat munculnya gangguan penglihatan berupa katarak, degenerasi makula dan lain sebagainya. Konsumsi jambu biji juga membantu anda dalam mempertahankan kesehatan mata dalam masa-masa penurunan kondisi mata.

5. Menyehatkan Tiroid

Jambu biji mengandung banyak zat baik di dalamnya, salah satunya adalah tembaga yang berperan sebagai zat penting untuk mengatur metabolisme tiroid. Kelenjar tiroid adalah salah satu kelenjar penting di dalam tubuh yang berguna dalam mengatur hormon serta fungsi sistem tubuh. Dengan demikian, konsumsi jambu biji mampu menyeimbangkan kesehatan fungsi tubuh.

6. Mencegah Kanker

Jambu biji merupakan salah satu buah yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin jika anda ingin terbebas dari kanker. Buah satu ini mengandung antioksidan berupa likopen untuk melawan kanker. Kandungan sehat tersebut mudah diserap oleh tubuh dibandingkan dari kandungan yang ada di dalam buah tomat.

Konsumsi likopen cukup membuat terjadinya penurunan kanker prostat pada pria. Segala jenis jambu biji memiliki kandungan sehat antioksidan dimana jambu biji berdaging merahlah yang paling banyak.

7. Merawat Kulit

Merawat kulit tidak harus menggunakan produk yang mahal. Dengan bahan alamipun, anda bisa merawat kulit anda agar lebih kencang sekaligus untuk meningkatkan tekstur kulit. Hebatnya lagi jambu biji juga mengandung vitamin A, C serta potasium yang berfungsi sebagai antioksidan.

Nutrisi dalam jambu biji membantu membantu dalam menjaga kulit agar tetap sehat sekaligus untuk membantu proses detoksifikasi. Jadi bagi anda yang ingin melakukan perawatan kulit secara alami tanpa harus keluar banyak budget, maka jambu biji adalah jawabannya.

8. Mengatasi Gejala Diabetes

Jambu biji juga bermanfaat dalam mengatasi gejala gangguan diabetes. Jambu biji mengandung serat yang cukup kaya sehingga mampu menurunkan kolesterol serta menurunkan kadar gula dalam darah. Serat atau dietary fiber yang masuk di dalam tubuh tidak akan terserap oleh tubuh. Alhasil anda tidak akan mengalami kenaikan gula darah di dalam tubuh.

9. Menurunkan Berat Badan

Ingin memiliki berat badan yang ideal? Anda bisa coba konsumsi jambu biji secara rutin. Buah satu ini memiliki komponen sehat yang diperlukan dalam penurunan berat badan tubuh. Mulai dari vitamin, protein hingga serat yang bagus dalam membentuk tubuh agar lebih ideal.

Kandungan dalam buah biji juga membuat perut terasa lebih kenyang, alhasil anda tidak akan menambah porsi saat makan. Konsumsi jambu biji dengan ukuran sedang setelah makan siang, cukup untuk mengganjal perut hingga waktunya makan malam. Dengan manfaatnya yang demikian, jambu biji cocok dijadikan sebagai makanan sehat selama menjalani program diet.

10. Menambah Jumlah Darah

Manfaat jambu biji selanjutnya adalah untuk menambah jumlah darah. Buah dengan rasa manis satu ini memiliki sejumlah vitamin serta zat baik berupa magnesium, vitamin E, vitamin K, folat, niasain, mangan, tembaga yang baik dalam menambah jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Dalam mengonsumsi jambu biji agar mendapatkan manfaatnya, anda tidak perlu takut bosan. Buah satu ini bisa dikonsumsi dengan cara dimakan langsung, dibuat jus atau bahkan dibuat campuran ke dalam bahan makanan yang lain.

Dengan banyaknya manfaat jambu biji yang bisa didapatkan, maka tidak ada salahnya jika anda menjadikan buah ini sebagai asupan sehat bagi keluarga. Anda bisa menyajikan buah ini di meja makan agar bisa dikonsumsi sewaktu-waktu atau bisa juga sesekali menyajikannya dalam bentuk jus, mengingat anak-anak terkadang lebih tertarik dengan jus dibandingkan dengan memakan buah secara langsung.

Tentang Penulis: Basuki Rahmanto

Basuki Rahmanto
Toekang photo segala acara dan jurnalis KabarHandayani. Hobby jalan-jalan dan kuliner. Tinggal di Wonosari Gunungkidul.