Siswa KB Aisyiyah Al Mujahidin Wonosari Kunjungi Kebun Coklat

oleh
KB Aisyiyah Al Mujahidin Wonosari kunjungi kebun coklat Sari Mulyo Patuk. Foto: Rdy.

Kakao (Theobroma cacao, L.) adalah salah satu tanaman perkebunan yang saat ini sedang banyak dikembangkan di wilayah Kabupaten Gunungkidul. Tanaman yang nantinya diproses menjadi cokelat ini membuat banyak wisatawan dalam negeri maupun mancanegara tertarik dengan cita rasa cokelat asli Gunungkidul. Kesadaran akan potensi ini patut ditanamankan sejak dini, agar tanaman kakao dan cokelat asli Gunungkidul dapat terus dilestarikan.

Pada Jumat (1/3), rombongan anak-anak balita dari Kelompok Bermain (KB) Aisyiyah Al Mujahidin Wonosari didampingi guru-guru menyambangi lokasi kebun buah kakao yang diusahakan oleh Kelompok Tani Sari Mulyo, di Dusun Gambiran, Desa Bunder, Kecamatan Patuk. Sari Mulyo adalah salah satu kelompok tani pengembang tanaman kakao dan sudah melakukan pengolahan menjadi coklat siap konsumsi. Kelompok ini mengelola lahan tanaman kakao seluas 5 ha dengan berbagai varietas-varietas, di antaranya adalah Sulawesi I, Sulawesi II dan TSH 88.

Dalam kunjungan ini, rombongan yang dipimpin Kepala Sekolah Kelompok Bermain (KB) Aisyiyah Al Mujahidin Sri Suprihatin SPd. Mereka sangat antusias melihat perkembangan tanaman kakao di Kelompok Tani Sari Mulyo. Sri Suprihatin berharap, anak-anak menjadi sangat tertarik dengan dunia pertanian dengan melihat langsung proses pengolahan buah kakao menjadi cokelat, yang dimulai dari awal pemetikan buah, fermentasi, pengeringan, pengopenan dan pengolahan biji kakao.

Tentang Penulis: Kandar KH

Kandar KH
Menulis di Kabarhandayani. Senang berbagi catatan perjalanan.