Siswa SMK Krian Sidoarjo Belajar Membuat Blangkon

oleh
Siswa SMK Untung Suropati Krian Sidoarjo kunjungi home industri blangkon di Dusun Bulu Bejiharjo. Swara/Agung.

Pemandangan nampak berbeda di Pedukuhan Bulu Desa Bejiharjo pada Rabu (18/01/2018). Sejumlah 77 murid SMK Untung Suropati Krian Sidoarjo Jawa Timur mengunjungi sentra industri kerajinan blangkon di Pedukuhan Bulu.

Setelah menikmati wisata di Goa Pindul, kedatangan mereka ke Desa Bejiharjo juga untuk belajar membuat blangkon. Suratno, salah seorang pengrajin blangkon dari Padukuhan Bulu menerima kunjungan tersebut di workshop kerajinan blangkon miliknya.

Di rumah sekaligus tempat usahanya tersebut, Suratno berbagi ilmu proses pembuatan blangkon mulai dari awal hingga proses finishing. Para tamu tampak antusias mengikuti penjelasan sang pemilik usaha kerajinan rumah tangga tersebut.

Melalui kegiatan seperti ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisata di Desa Bejiharjo utamanya kerjasama pokdarwis dengan pengelola kerajinan industri seperti kerajinan blangkon.

Disamping itu wisatawan yang berkunjung ke Desa Bejiharjo nantinnya dapat membeli cindera mata khas Desa Wisata Bejiharjo seperti blangkon.  (Agung Subekti)

Tentang Penulis: Swara1

Swara1
SwaraGunungkidul - Berbagi dan Berdaya